GUDANG ILMU thondynet

Selasa, 13 April 2010

TRICK DALAM MENJALANKAN PROYEK

TIPS MENGERJAKAN JOB/PROYEK PEMERINTAHAN atau NON PEMERINTAHAN :

Disini aku ingin berbagi tips bagaimana mengerjakan project (mungkin generally - semua bidang : IT dsb) baik dari pemerintahan atau non pemerintahan (swasta, kuliahan, dsb), jika ada yang salah atau kurang, mohon dikoreksi, ini merupakan pengalaman pribadi saya.

1. Hal terpenting adalah REQUIREMENT, scope project nya bagaimana ??.

Ini hal yang sangat penting, kenapa ?, karena dengan adanya scope project, requirement yang jelas, kita bisa mengukur kemampuan kita bisa atau tidak dalam mengerjakannya, waktunya bagaimana dan sebagainya. Jadi kalau requirement tidak jelas, masih samar-samar, ada beberapa point yang belum didefinisikan, aku sarankan JANGAN AMBIL PROJECTNYA, itu bisa menjadi alat mematikan bagi kita sipekerja project.
2. Usai kita mengetahui requirement yang jelas, saatnya menganalisa requirement.

Dari tahap ini, kita bisa tetapkan waktu pengerjaan, berapa resources (orang dan alat) yang kita butuhkan, dan seberapa besar budget untuk project ini.
3. Buatlah surat kontrak kerja

Ini akan menjadi senjata kita dikemudian hari, dan juga bisa menjadi boomerang untuk kita. Dengan adanya surat kontrak ini, jika suatu saat nanti ada penyimpangan terjadi dikemudian hari selama project berjalan, kita bisa menggunakan surat kontrak untuk penyelesaian masalah. Bahkan sampai berujung ke masalah hukum, juga bisa kita pakai. Semisal client kita tidak membayar penuh duit projek, kita bisa tuntut karna total duit ada di surat kontrak, namun bahaya nya juga jikalau kita udah terima DP, tapi kita tidak kerjakan projek dan kita lari, kita juga bisa dituntut berlandaskan surat kontrak kerja ini.
4. At least minta DP (biasanya 1/2 dari total anggaran project)

Jaman sekarang susah mempercayai orang apalagi berhubungan dengan DUIT, jadi mintalah DP diawal (biasanya 1/2 dari total anggaran project), biar lebih meyakinkan kita sebagai pekerja project terhadap project itu.
5. Berhati-hatilah terhadap project pemerintahan

Yes, waspadalah dalam pengerjaan project pemerintahan, biasanya project pemerintahan itu duitnya cair diakhir project, jadi diawal project kita gak ada dapat duit, itupun kalau mereka (pemerintah) bilang oke atas aplikasi itu, duit akan cair, tapi bisa jadi projectnya jadi project gagal alias tidak dibayar sama sekali dan usaha kita selama ini utk develop project sia-sia. Maka dari itu aku sarankan jangan asal terima project pemerintah, pastikan semuanya berjalan lancar dan transparan. Kacaunya lagi, anggaran duitnya sekian ratus juta, eh yang nyampe dikita cuman 50juta (biasa pangkas sana pangkas sini)..huhuhuu
6. Komunikasi dengan client

Komunikasi ini penting juga, ciptakanlah komunikasi yang baik dengan client.
7. Yang terakhir (optional) kalau sudah closing project, SERVIS orang disekitar

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda