GUDANG ILMU thondynet

Selasa, 13 April 2010

5 Tips Untuk Dipromosikan Lebih Cepat

Sukses dengan cepat, dipromosi lebih cepat atau dipercaya lebih banyak adalah dambaan setiap professional. Dibawah ini adalah beberapa tip yang bisa berfungsi sebagai "booster" karir anda.

Tips 1. Network yang luas
Kembangkan"network"seluas-luasnya dengan orang-orang didalam perusahaan(terutama mereka yang memegang key positions). caranya :
* bersikap sopan kepada siapapun juga. Ramah dan hargai orang lain.
* Sapa setiap orang yang anda jumpai (say hello, basa-basi, pembicaraan informal, dsb)
* Punyaalah hati yang siap menolong orang lain setiap saat.Bantu kepusingan atasan dengan memberikan ide-ide yang positifTolong rekan anda yang sedang overload dengan pekerjaan.
* Secara berkala kirim mereka email tentang berbagai artikel yang bermanfaat mendukung prestasi kerja mereka.
* Bangun hubungan dengan sms yang berisikan kata-kata motivasi.

Tips 2. Aktif Melibatkan diri
Beberapa cara untuk melibatkan diri Anda aktif lebih jauh lagi yaitu :
* Terlibat dengan berbagai kepanitiaan yang ada (misalnya jadi panitia gathering tahunan, panitia Natal, panitia acara 17 Agustusan)
* Ajukan diri anda menjadi ketua pengalang dana untuk korban gempa bumi misalnya.Intinya dorong buatlah diri anda dikenal hingga Top Managemen dengan berbagai ketrlibatan ini.

Tips 3.Gaungkan Kepintaran Anda
Saat anda menggaungkan "gong"kepandaian anda, orang akan melirik pada kecerdasaan yang anda tebar.Dan ini akan menarik atensi para middle/top managent perusahaan.Beberapa cara untuk lakukan hal ini :
* Banyak menyambungkan ide atau saran mengikuti berbagai rapat. Jangan berdiam diri saja dan menjadi pendengar yang manis, tetapi bersikaplah kritis, berikan saran-saran yang membangun. ujudkan berbagai alternatif solusi.
* Rajin memasukan saran " Kotak saran" atau sugestion system" (kalau anda didalam perusahan anda).
* Rajin menulis kiat-kiat atau berbagai tips yang bermanfaat. Kirimkanlah ke email perusahan atau tempel di majalah dinding perusahan atau bahkan terbitkan didalam " newletter perusahaan"

Tips 4. Tingkatkan Kemampuan Komunikasi Anda
Kemampuan berkomunikasi adalah media bagi orang lain menilai" siapa diri Anda" Tingkatkan kemampaun anda didalam :
* Tehnik melakukan presentasi kepada atasan
* cara meyakinkan atasan dan rekan kerja dari departemen lain.
* Tehnik menjual ide kepada orang lain.
* Tehnik bernegosiasi dengan dengan bawahan, atasan dan rekan kerja.
Semakin anda menguasai berbagai keterampilan diatas semakain positip orang didalam mengenal kualitas anda.

Tips 5 Pastikan Anda " Berprestasi dalam Tugas"
Buktikan pada diri anda bahwa anda akan mampu melaksanakan setiap tugas yang di berikan. Ciri-ciri orang yang berprestasi dan capable adalah:
* Mampu menyelesaikan tugas dengan tepat pada waktunya dan memberikan kualitas sesuai dengan permintaan.
*Mampu menyelesaikan berbagai masalah dan kesulitan yang muncul didalam penugasan(problem solver)

Jangan lupa, tidak ada kesuksesan yang diperoleh secara gratis. Semuanya perlu usaha yang keras dan cerdas. Kapan lagi Anda mau memulai mempraktekannya?Bangkit dan langkahkan kaki anda sekarang JUga.

TRICK DALAM MENJALANKAN PROYEK

TIPS MENGERJAKAN JOB/PROYEK PEMERINTAHAN atau NON PEMERINTAHAN :

Disini aku ingin berbagi tips bagaimana mengerjakan project (mungkin generally - semua bidang : IT dsb) baik dari pemerintahan atau non pemerintahan (swasta, kuliahan, dsb), jika ada yang salah atau kurang, mohon dikoreksi, ini merupakan pengalaman pribadi saya.

1. Hal terpenting adalah REQUIREMENT, scope project nya bagaimana ??.

Ini hal yang sangat penting, kenapa ?, karena dengan adanya scope project, requirement yang jelas, kita bisa mengukur kemampuan kita bisa atau tidak dalam mengerjakannya, waktunya bagaimana dan sebagainya. Jadi kalau requirement tidak jelas, masih samar-samar, ada beberapa point yang belum didefinisikan, aku sarankan JANGAN AMBIL PROJECTNYA, itu bisa menjadi alat mematikan bagi kita sipekerja project.
2. Usai kita mengetahui requirement yang jelas, saatnya menganalisa requirement.

Dari tahap ini, kita bisa tetapkan waktu pengerjaan, berapa resources (orang dan alat) yang kita butuhkan, dan seberapa besar budget untuk project ini.
3. Buatlah surat kontrak kerja

Ini akan menjadi senjata kita dikemudian hari, dan juga bisa menjadi boomerang untuk kita. Dengan adanya surat kontrak ini, jika suatu saat nanti ada penyimpangan terjadi dikemudian hari selama project berjalan, kita bisa menggunakan surat kontrak untuk penyelesaian masalah. Bahkan sampai berujung ke masalah hukum, juga bisa kita pakai. Semisal client kita tidak membayar penuh duit projek, kita bisa tuntut karna total duit ada di surat kontrak, namun bahaya nya juga jikalau kita udah terima DP, tapi kita tidak kerjakan projek dan kita lari, kita juga bisa dituntut berlandaskan surat kontrak kerja ini.
4. At least minta DP (biasanya 1/2 dari total anggaran project)

Jaman sekarang susah mempercayai orang apalagi berhubungan dengan DUIT, jadi mintalah DP diawal (biasanya 1/2 dari total anggaran project), biar lebih meyakinkan kita sebagai pekerja project terhadap project itu.
5. Berhati-hatilah terhadap project pemerintahan

Yes, waspadalah dalam pengerjaan project pemerintahan, biasanya project pemerintahan itu duitnya cair diakhir project, jadi diawal project kita gak ada dapat duit, itupun kalau mereka (pemerintah) bilang oke atas aplikasi itu, duit akan cair, tapi bisa jadi projectnya jadi project gagal alias tidak dibayar sama sekali dan usaha kita selama ini utk develop project sia-sia. Maka dari itu aku sarankan jangan asal terima project pemerintah, pastikan semuanya berjalan lancar dan transparan. Kacaunya lagi, anggaran duitnya sekian ratus juta, eh yang nyampe dikita cuman 50juta (biasa pangkas sana pangkas sini)..huhuhuu
6. Komunikasi dengan client

Komunikasi ini penting juga, ciptakanlah komunikasi yang baik dengan client.
7. Yang terakhir (optional) kalau sudah closing project, SERVIS orang disekitar